Halo Sobat Talenta !!!

Nah, buat sobat Talenta yang ingin berkunjung ke Sulawesi Selatan dan bingung mau kemana aja, Tenang !!! Nih mimin ada beberapa rekomendasi atraksi wisata yang sayang banget buat dilewatkan jika berkunjung ke Sulawesi Selatan.

  • Pantai Losari

Siapa yang tidak mengenal keindahan pantai losari. Pantai ini sudah terkenal di berbagai kalangan sebagai salah satu ikon kota Makassar yang indah dan wajib untuk dikunjungi ketika pergi ke Makassar 

Pantai ini selain indah juga berbeda dengan kebanyakan pantai lainnya. Jika biasanya sobat talenta mengenal pantai dengan keindahan dan kelembutan pasirnya maka di pantai ini sobat tidak akan menemukan pasir akan tetapi beton ditepian pantainya. 

Meskipun tidak mempunyai pasir sebagai tempat bersantai dan bermain, pantai ini menyajikan berbagai kegiatan yang tak kalah menyenangkan. Anda dapat memancing, menaiki sepeda air, berlayar dengan perahu, dan lain sebagainya. 

Selain itu sobat juga dapat melakukan jogging di pagi hari pada track yang ada setelah menikmati sunrise ataupun menikmati keindahan sunset sambil mencicipi sajian kuliner andalan sulawesi selatan yaitu pisang epe. 

  • Pulau Samalona

Satu lagi atraksi wisata di Sulawesi Selatan yang tidak boleh sobat lewatkan. Pulau Samalona ini merupakan salah satu atraksi wisata bahari yang banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara. Kawasan pulau ini sangat cocok untuk kegiatan snorkeling dan diving karena disekelilingnya terdapat karang-karang laut yang dihuni beraneka ragam ikan tropis dan biota laut lainnya. 

Pulau ini berjarak sekitar 6,8 km dari Kota Makassar yang dapat ditempuh sekitar 20-30 menit dengan menggunakan speed boat. Dilokasi ini juga terdapat beberapa penginapan sederhana berbentuk rumah panggung yang dapat menampung sekitar 20 orang. Selain itu tersedia juga beberapa tempat makanan yang menyediakan aneka ragam seafood segar. 

  • Taman Laut Takabonerate

Taman laut ini menjadi salah satu atraksi wisata unggulan di Sulawesi Selatan yang berada di Kepulauan Selayar ini merupakan surga bagi para penyelam untuk menikmati pemandangan bawah laut serta sangat recommeded bagi sobat yang mempunyai hobi snorkeling

Sobat Talenta dapat menikmati berbagai panorama keindahan bawah laut dengan turut berenang bersama ratusan ikan, penyu, kura-kura, serta keindahan terumbu karang yang sangat cantik. Selain indah dengan panorama bawah lautnya, wisata ini juga memberikan harga yang sangat terjangkau. 

Tarif yang diberikan untuk menikmati keindahan taman ini adalah Rp. 25.000 untuk wisatawan domestik serta Rp. 60.000 untuk wisatawan mancanegara. Tidak hanya itu, sobat dapat menyewa berbagai perlengkapan menyelam hanya dengan harga Rp. 250.000 sehingga sobat tidak perlu repot-repot untuk membawa perlengkapan sendiri dari rumah. 

  • Taman Nasional Bantimurung

Taman Nasional Bantimurung yang terletak di Kabupaten Maros atau kurang lebih 45 Km dari pusat Kota Makassar ini sangat terkenal sebagai kerajaan kupu-kupu. Terdapat sekitar 250 jenis kupu-kupu yang ada disana sehingga kupu-kupu dijadikan mascot Taman Nasional Bantimurung ini. Sehingga sobat tidak hanya akan disajikan dengan panorama keindahan alam yang menawan akan tetapi juga menambah pengetahuan sobat Talenta sekalian.

Taman dengan luas mencapai 43.750 ha ini selain terkenal dengan jutaan kupu-kupunya yang menawan juga memberikan keindahan alam dengan bukit kapur, air terjun serta gua yang tidak kalah menawan.

  • Malino

Selain terkenal dengan keindahan bawah lautnya, Sulawesi Selatan juga menyediakan panorama alam pegunungan yang tak kalah indahnya salah satunya adalah Malino. Malino merupakan destinasi wisata di Sulawesi Selatan yang memberikan pemandangan alam pegunungan dan dataran tinggi yang sangat sejuk dan memanjakan mata.

Sebuah kelurahan yang terletak di Kabupaten Gowa ini menyajikan keindahan pegunungan bahkan sebelum sobat mencapai tujuan. Selama perjalanan sobat akan dimanjakan dengan hutan pinus serta keindahan batu kapur yang indah.

Destinasi wisata yang sudah terkenal sejak zaman Belanda ini selain menyajikan panorama pegunungan juga memberikan keindahan banyak air terjun yang tidak boleh dilewatkan.

Selain itu, karena udara pegunungan yang dingin di tempat ini juga memberikan atraksi wisata lainnya seperti perkebunan teh, lembah biru serta wisata berupa bunker peninggalan Jepang yang menarik.

  • Pantai Tanjung Bira

Pantai Tanjung Bira merupakan pantai pasir putih yang halus dan bersih dengan air laut yang jernih yang sangat terkenal di Sulawesi Selatan. Pengunjung juga dapat menyaksikan sunrise dan sunset serta keindahan dua pulau yang ada didepannya yaitu Pulau Liukang Loe dan Pulau Kambing.

Tanjung Bira terletak di Kabupaten Bulukumba atau sekitar 200 km dari Kota Makassar. Pantai Bira telah dilengkapi fasilitas berupa tempat parkir, penginapan, hotel, villa, dan restoran dan lain-lain. Di Kawasan pantai juga terdapat Pelabuhan Ferry yang siap mengantar pengunjung yang ingin berwisata ke Pulau Selayar.

  • Pantai Kerajinan Perahu Phinisi

Tanah Beru terkenal sebagai tempat pembuatan kapal/perahu tradisional. Sobat akan merasa kagum melihat kepiawaian masyarakat membuat kapal tradisional dengan konstruksi kayu dan peralatan tradisional pula.

Mereka mampu membuat perahu yang sangat kokoh dan megah hanya berdasarkan pada pengalaman dan pengetahuan yang diperoleh dari nenek moyang mereka, tanpa menggunakan gambar dan kepusatakaan tertulis. Sejarah membuktikan bahwa Perahu Phinisi Nusantara telah berhasil berlayar ke Vancouver Kanada, Amerika Serikat pada tahun 1986.

Oleh karena itu, Bulukumba dijuluki sebagai Butta Panritta Lopi, yang artinya bumi atau tanah para ahli pembuat Perahu Phinis. Pusat kerajinan Perahu Phinisi ini terletak di pesisir pantai Kelurahan Tanah Beru, Kecamatan Bontobahari, Bulukumba

  • Ke'te Kesu

Ke’te Kesu, salah satu desa di Tanah Toraja ini merupakan atraksi wisata di Sulawesi Selatan yang kaya akan budaya dan sejarah. Ke’te Kesu berarti pusat kegiatan, dimana terdapatnya perkampungan, tempat kerajinan ukiran, dan kuburan. Pusat kegiatannya adalah berupa deretan rumah yang disebut Tongkonan, yang merupakan atraksi yang mempesona di desa ini.

Selain Tongkonan, disini juga terdapat Lumbung Padi dan bangunan megalith di sekitarnya. Sekitar 100 meter dibelakang perkampungan ini terdapat situs perkuburan tebing dengan kuburan bergantung dan tau-tau dalam bangunan batu yang diberi pagar.

Tau-tau ini memperlihatkan penampilan pemiliknya sehari-hari. Perkampungan ini juga dikenal dengan keahlian seni ukir yang dimiliki oleh penduduk dan sekaligus sebagai tempat yang bagus untuk berbelanja souvenir. Terletak sekitar 4 km dari tenggara Rantepao.

  • Goa Tampang Allo

Tampang Allo merupakan gua alam yang dijadikan “kuburan” bagi masyarakat Toraja. Banyak alasan Kawasan ini menjadi salah satu destinasi favorit wisatawan di Tanah Toraja, entah itu tau-tau (patung), gua itu sendiri, atau hamparan sawah yang indah terjepit diantaran labirin tebing.

Didalam gua, Sobat Talenta dapat menemukan ratusan erong (peti mati dengan bentuk binatang), tau-tau dan tulang belulang dari masyarakat Toraja yang dulunya dikubur disana.

  • Pulau Kapoposang



Salah satu atraksi wisata di Sulawesi Selatan yang memiliki pesona alam bawah laut yang menawan. Pulau yang merupakan salah satu dari gugusan Kepulauan Spermonde ini memiliki gugusan terumbu karang yang sangat indah dengan menyimpan beranekaragam biota laut yang menarik.

Terletak di Desa Mattiroujung, Kecamatan Liukang Tupabiring, Kabupaten Pangkep, dan dapat dijangkau dengan menggunakan speed boat sekitar 90 menit ke arah barat laut Makassar. (by Tenri)