Halo Sobat Talenta!!!!

Hari ini tanggal 09 November 2022 merupakan peringatan Hari Jadi Kota Makassar yang ke 415 nih. Di usia yang ke 415 ini semoga Kota Makassar makin maju dan jaya terutama disektor pariwisatanya. Nah, untuk memperingati HUT Kota ini yuk kita kilas balik sedikit sejarah singkat dari Kota Daeng ini.....

Kota Makassar telah ditemukan dalam kitab Nagarakertagama yang berasal dari abad 14. Raja Gowa ke-9 Tumaparisi Kallonna (1510-1546) yang diperkirakan adalah tokoh pertama yang benar-benar mengembangkan Kota Makassar.

Awal kota dan bandar Makassar berada di muara Sungai Tallo dengan Pelabuhan niaga kecil di wilayah itu pada penghujung abad 15. Kota ini dahulu Bernama Ujung Pandang dipakai pada tahun 1971 sampai tahun 1999. Nama Ujung Pandang sendiri adalah nama sebuah kampung di wilayah Kota Makassar. Setelah mengalami perubahan nama dua kali, kemudian kota ini dinamakan kembali menjadi Makassar pada 13 Oktober sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 86 Tahun 1999 tentang Perubahan Nama Kota Ujung Pandang menjadi Kota Makassar dalam Wilayah Provinsi Sulawesi Selatan sebagai wujud keinginan masyarakat yang mendapat dukungan DPRD bersama Pemerintah Kota.

Kini, Makassar berusia 415 Tahun dengan perubahan yang cukup pesat baik secara fisik, social, dan budaya. Kita berharap Makassar tetap menjadi “Rumah” paling teduh dan aman bagi penghuninya. Kota tujuan yang selalu menanamkan kesan ramah pada setiap orang yang datang.

Tentunya kita semua berharap, Kota Makassar akan menjadi kota yang selalu dirindukan semua orang. Kota Anging Mammiri, kota dengan keberagaman etnis, toleransi antar umat beragama yang tinggi serta cita rasa kuliner yang mengunggah selera.

Tahun ini mengusung tema "RECOVERY FOR ALL" , yang dijadikan pendorong bagi pemerintah dan masyarakat Kota Makassar sebagai momentum kebangkitan dari pandemi Covid-19.

"SEKALI LAYAR TERKEMBANG, PANTANG BIDUK SURUT KE PANTAI"

(by. Tenri)