Makassar, Talenta.   Pantai Tanjung Bira merupakan salah satu tempat daya tarik luar yang terletak di Kabupaten Bulukumba yang dimana lokasinya berada di Jl. Tanjung Bira , Bonto Bahari Bulukumba, Sulawesi Selatan yang bias kita tempuh selama 5 jam 44 menit perjalanan. 

Dan jarak dari Kota Makassar menuju Pantai Tanjung Bira sekitar 209 km. ketika kita menuju Pantai Bira yang berjarak 6,3 km dari pusat kota Bulukumba. Untuk sampai ke Pantai Bira kita bias menggunakan kendaraan Bus, Hiece, Motor dan Mobil dimana jalan menuju pantai bira ini sangat memadai. 

Pantai Tanjung Bira ini obyek wisata yang sangat indah dimana bukan hanya pasir putih dengan tekstur yang lembut tetapi juga terdapat keindahan bawah laut yang begitu jernih dengan beraneka macam spesias bawah laut seperti adanya terumbu karang, ikan kecil dan sebagainya. Kita juga bisa menghabiskan waktu dengan menyaksikan pesona matahari terbit dan terbenam. 

Pantai Tanjung bira awalnya dikenal sebagai pusat pembuatan kapal phinisi yang awet dan kuat. Perahu ini dibuat langsung dari tangan rakyat penduduk Pantai Bira . di sana kita juga bias melihat secara langsung pembuatan kapal phinisi yang terdapat beberapa macam bentuk kapal phinisi mulai dari berukuran kecil, sedang atau bahkan berukuran yang besar. 

Satu aktivitas lain yang bisa kita lakukan adalah dengan berkeliling pulau. Ada banyak hal yang dapat kita lakukan salah satunya yaitu Snorkling dan Diving untuk melihat spot keindahan bawah laut di Pulau Liukang Loe yaitu pulau kecil yang terletak diseberang barat tanjung bira yang merupakan salah satu spot terbaik. 

Fasilitas yang bisa kita gunakan di pantai tanjung bira yaitu kita bisa menyewa peralatan snorkling untuk melihat keindahan yang ada dibawah laut pantai ini. Di pantai bira ini sudah banyak berdiri Hotel, homestay dan resort dengan harga yang sangat bervariasi. Terdapat salah satu Resort yang menghadap ke pantai bira sebuah Resort dimana hotel ini berbintang 4. 

Kita juga bisa mengunjungi pantai bara yang tidak jauh dari pantai pantai bira. Disana kita bisa melihat hamparan pasir putih dan birunya air laut yang membuat objek wisata ini terlihat eksotis.Selain itu, tempat ini juga belum banyak diketahui oleh banyak orang sehingga masih cukup sepi. (by Nurfaizah Sultan.)