Makassar , Talenta Tourism.-Rammang-Rammang yang terletak di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, telah dikenal dan diakui oleh segenap warga Indonesia. Kini, taman nasional geopark ini sedang bersiap untuk lebih dikenal dunia karena sedang berproses dalam pencanangan Geopark Dunia oleh UNESCO. 

Dan jarak untuk menuju ke rammang-rammang itu adalah 48,8 km dari Makassar dengan waktu yang di tempuh sekitar 1 jam 20 menit menggunakan mini bus atau bus dan jika berangkat dari bandara sultan hasanuddin waktu yang di tempuh sekitar 1 jam saja. 

Rammang-Rammang merupakan sebuah tempat di gugusan pegunungan karst Maros-Pangkep, yang merupakan karst terbesar ketiga di dunia dengan luas sekitar 43.700 hektar dan memiliki 280 gua. Sebanyak 16 gua di antaranya menjadi situs prasejarah dan juga terdapat telaga bidadari 

Rammang-rammang sudah terbentuk sejak lama, sekitar 30 juta tahun lalu. Namun, kawasan ini diperkirakan baru mulai dihuni manusia pada 40 ribu tahun lalu. Jejak manusia pada masa lalu tersebut, hingga kini masih bisa dinikmati oleh para pengunjung melalui tulisan tangan atau simbol-simbol yang ada di dinding gunung. 

Rammang-rammang dulunya adalah dasar laut  dan Rammang-rammang berarti awan atau kabut dalam bahasa Makassar. Nama itu menggambarkan suasana di sana yang kerap diselimuti kabut, terutama saat pagi hari. Namun kabut itu tak menutupi pesona gugusan pegunungan karst yang gagah itu. Gugusan pegunungan karst itu disebut terbentuk jutaan tahun lalu. 

Di rammang-rammang cuaca nya itu begitu sejuk di pagi hari dan indah serta suasana alam yang masih sangat natural sambi menikmati Kopi Asli di cafe Rammang2.

Ketika sampai di rammang-rammang kita akan naik perahu sekitar 1,5 jam untuk mengunjungi beberapa daya tarik wisata  destinasi yang terdapat di rammang ya itu Taman Batu karst dan kampung beru. 

di kampong berua yaitu terdapat Gua kingkong , di gua kingkong itu terdapat bekas telapak tangan dari manusia purba di batunya serta juga terdapat Muka kingkong di  gua tersebut dan terpadat juga gua berlian di sana terdapat fossil gajah di depan gua dan terdapat juga batu karang di dalam gua dan ketika kita ingin masuk di gua kita akan di pandu oleh pemandunya jadi kita harus manjat dan memegang tali untuk memasuki gua terdapat juga fossil dari gurita besar dan juga terdapat serpihan-serpihan berlian yang melengket di gua tersebut untuk sampai di gua berlian kita perlu berjalan sekitar 20 menit dan disarankan juag memakai topi dan kacamata untuk tidak terlalu silau dan tidak terlalu panas dan terdapat juga mata air amarrung. 

Untuk fasilitas di obyek wisata rammang-rammang sudah terdapat toilet , gazebo , café dan penginapan nah itulah seputar rammang-rammang. Tunggu apalagi #kesulselmi kunjungi rammang-rammang. (by. Anni instagram: Annyyaulia_ )